Sabtu, 15 Maret 2008

Panglima TNI: Latgab di Kutim akan Disaksikan Presiden SBY


ANGATTA, TRIBUN- Rencana Latihan Gabungan (Latgab) TNI di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), pada bulan Juni 2008 nanti akan jadi pameran kekuatan militer berskala raksasa. Pasalnya, tidak kurang dari 30.000 personel tentara dan 70 kapal perang dipastikan akan terlibat pada Latgab tersebut.

Keterangan ini diungkapkan Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso saat memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan, usai jamuan makan siang di Kantor Bupati Pemkab Kutim, Rabu (12/3).

"Total personel yang akan terlibat pada Latgab nanti sebanyak 30 ribu lebih tentara, dengan jumlah armada lebih dari 70 kapal perang," ujar Djoko.

Pelaksanaan Latgab yang puncaknya akan digelar pada bulan Juni 2008 mendatang, menurut Panglima TNI, rencananya dihadiri Presiden RI Susilo Bambang Yudhono (SBY). Presiden dijadwalkan akan hadir bersamaan dengan pendaratan pasukan amphibi dan penerjunan lintas udara..

"Mengenai kedatangan Presiden akan dilaksanakan pada saat pendaratan pasukan amphibi di Sangatta, dan penerjunan lintas udara pada bulan Juli nanti," katanya.

Saat ini, menurut Djoko, persiapan Latgab dalam tahap peninjaun medan dan penyempurnaan rencana latihan. Rencananya pada bulan April digelar gladi posko, yakni latihan tanpa pasukan di titik-titik yang akan dijadikan lokasi Latgab.

"Saat ini masih peninjaun medan, sembari menyempurnakan rencana latihan. Rencannya pada bulan April nanti akan digelar gladi posko. Puncaknya bulan Juni baru latihan akan dimulai," ujar Panglima TNI, yang baru saja melakukan peninjaun langsung ke Pantai Sekerat,Bengalon, salah satu tempat Latgab.

Ditanya mengenai pertimbangan memilih Kutim sebagai lokasi Latgab 2008, Djoko dengan diplomatis menjawab bahwa seluruh wilayah Indonesia adalah medan latihan bagi TNI.

Dijelaskan, sebelumnya latihan serupa sudah pernah dilakukan berkali-kali di Los Palos (Timtim), Ambon, Aceh, Natuna, dan Batam.

"Seluruh wilayah Indonesia pada dasarnya adalah medan latihan bagi TNI. Latihan seperti ini sudah berkali-kali kita lakukan. Kali ini saja Latgab dilakukan di empat tempat sekaligus yakni di Singkawang (Kalbar), Natuna, Batam dan pusatnya di Sangatta," ungkapnya.

Kunjungan Panglima TNI ke Kutim didampingi sebanyak 22 Perwira Tinggi (Pati) dan Perwira Menengah (Pamen) dari tiga elemen TNI; Angkatan Darat (AD), Angkatan Udara (AU) dan Angkatan Laut (AL). Diantaranya terlihat, KSAL Laksamana TNI Sumardjono, dan Pangkostrad Letjend George Toisutta.

Kedatangan rombongan Panglima TNI ke Kutim menggunakan dua helikopter TNI jenis Puma dan Superpuma, serta satu kapal perang KRI Dr Suharso (don

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger