Sabtu, 15 Maret 2008

PT DI Bidik Dua Persen Pasar Global Aerostructure


Bandung-RoL-- PT Dirgantara Indonesia (PTDI) menargetkan raih dua persen pasar global aerostructure di dunia internasional untuk komponen assembly pesawat terbang.

"Kepercayaan industri pesawat terbang dunia cukup besar ke PTDI, itu peluang besar sehingga optimis dalam satu dua tahun ke depan bisa meraih dua persen pasar global aerostructure," kata Dirut PT DI, Budi Santoso di sela-sela penyerahan penghargaan "Best Performance Supplier 2007" dari Spirit AeroSystem (Europe) LTd. di Bandung, Kamis.

Budi Santoso mengatakan, pasar global aerostructure di dunia internasional, khususnya untuk komponen assembly pesawat terbang sangat besar yakni sekitar 5 Miliar dollar AS per tahun.

Namun hingga saat ini, daya serap dan daya olah aerostructure PTDI masih dibawah satu persen. Angka itu masih termasuk kecil diandara perusahaan- perusahaan besar lainnya.
"Angka yang diraih PTDI memang masih kecil, namun dari angka satu persen dalam industri pesawat terbang dari pasar 5 miliar dollar AS, itu bukan jumlah yang kecil," kata Mantan Dirut Pindad itu.

Peluang untuk meraih pasar global aerostructure khusus untuk komponen assembly pesawat terbang itu, kata Budi cukup terbuka lebar.

Selain telah menjalin kerjasama dan memenuhi pesanan industri pesawat terbang besar di dunia seperti Airbus dan Boeing, dari segi modal kerja sudah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Sementara itu Direktur Aerostructure PTDI, Budiman Saleh mengatakan, upaya meraih pasar global aerostructur itu tidak lepas dari keterbatasan dan kendala teknis yang disebabkan umum infrastruktur yang telah tua serta pesaing regional lainnya yang telah lebih dulu melakukan investasi infrastruktur.

"PTDI tidak tinggal diam, perbaikan dan revitalisasi infrastruktur dilakukan secara bertahap sesuai prioritas," katanya.

Ia menyebutkan, hasilnya sudah bisa dilihat dengan adanya peningkatan volume order yang signifikan untuk komponen Airbus, Boeing, Bombardier, EADS CASA dan Eurocopter.
Selain itu juga adanya rencana kerjasama untuk program baru lainnya dengan Airbus, Hawker dan Eurocopter.

"PTDI yakin bisa mengukuhkan diri menjadi global supplier untuk komponen assembly dengan meningkatkan share pangsa pasarnya di tingkat internasional," kata Budiman. ant/

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger