Rabu, 13 Mei 2009

iPod Bantu Pekerjaan Militer AS


LONDON - iPhone dan iPod Apple merupakan gadget terbaru yang digunakan pasukan tentara Amerika dalam operasi militer di Irak dan Afghanistan.

Berdasarkan pengakuan dari pihak militer AS, mereka merangkul perangkat yang mudah digunakan ini karena kemampuannya yang dapat membawa beragam piranti lunak dengan jaminan keaman yang tinggi.

Lagipula, harganya jauh lebih murah dibandingkan perangkat lain yang memang dirancang khusus untuk kepentingan militer, demikian keterangan yang dikutip dari Telegraph, Selasa (12/5/2009).

Perangkat iPod dapat menyimpan hingga 30.000 program komputer. Kelebihan lainnya, iPod bisa melakukan bermacam pekerjaan mulai dari penerjemahan hingga melacak jalur peluru tembak.

Untuk memaksimalkan penggunaan perangkat ini, para tentara AS diberi pelatihan untuk mengeksplorasi iPod. Bahkan mereka diajari bagaimana memanfaatkan iPod sebagai sistem petunjuk untuk melacak keberadaan robot bom disposal dan untuk menerima aerial footage dari pesawat tak berawak.

Penggunaan iPod dikalangan militer nampaknya akan terus berkembang, bahkan baru-baru ini Angkatan Laut AS mendanai pengembangan aplikasi yang memungkinkan para tentara mengunggah foto para tersangka yang tertangkap berbarengan dengan laporan tertulis ke dalam bentuk database biometrik.

Piranti lunak ini nantinya akan mencocokkan gambar wajah tersangka sehingga akan mudah melacak dan mengawasi keberadaan mereka jika sudah dibebaskan nanti. (srn)

sumber: http://techno.okezone.com/index.php/...aan-militer-as

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger