Jumat, 05 Juni 2009

Rahasia Militer AS Dilelang eBay!


WASHINGTON (SuaraMedia) - Rahasia tingkat tinggi tentang pertahanan misil udara AS ditemukan dalam sebuah hard disk bekas yang dijual di eBay.

Prosedur program tersebut ditemukan dalam sebuah hard disk untuk THAAD (Terminal Pertahanan Area Ketinggian) sistem pertahanan misil darat ke udara, yang digunakan untuk menanggulangi misil scud di Irak.

Hardisk tersebut juga mengandung kebijakan keamanan AS, cetak biru dari fasilitas pertahanan, dan informasi personal dari para pegawai keamanan termasuk nomor jaminan sosial, yang dimiliki oleh teknologi Lockheed Martin – yang mendesain dan membangun sistem tersebut.

Peneliti Inggris menemukan data tersebut selagi meneliti lebih dari 300 hard disk yang dibeli dari pelelangan komputer, pameran komputer, dan eBay.

Para ahli juga menemukan bahwa informasi sensitif lainnya termasuk detail rekening bank, catatan kesehatan, rencana bisnis rahasia, data perusahaan finansial, nomer identitas pribadi, dan tata kerja.

Hard disk tersebut dibeli dari Inggris, Amerika, Jerman, Perancis dan Australia oleh Pusat Riset Keamanan BT yang bekerjasama dengan universitas Glamorgan di Wales, Universitas Edith Cowan di Australia dan Universitas Longwood di AS.

Jurubicara BT menyatakan bahwa mereka menemukan hampir 34 persen dari semua hard disk mengandung ’informasi data pribadi yang dapat dikaitkan dengan perseorangan atau data komersial milik organisasi atau perusahaan’.

Para peneliti juga menyatakan bahwa ‘menurut survei sejumlah besar informasi yang mempunyai potensi merusak dan menimbulkan ancaman atas identitas pribadi seseorang dapat direcover dari hard disk tersebut.’

Dua Hard disk sepertinya bekas dari perusahaan Lanarkshire NHS trus yang menyimpan informasi dari Rumah Sakit Monklands dan Hairmyres menyangkut catatan kesehatan pasien, gambar X-Ray, jadwal pergantian staf medis dan surat rahasia para staf.

Di Australia, sebuah hard disk berasal dari rumah perawatan yang mengandung foto pasien dan luka luka mereka.

Materi rahasia termasuk data jaringan dan catatan keamanan dari kedutaan Jerman di Paris juga ditemukan dari hard disk yang berasal dari Perancis.

Bujet dan catatan perdagangan dari perusahaan fashion di Inggris, data korporat dari perusahaan manufaktur motor juga ditemukan bersama dengan detil dari catatan penukaran uang 50 miliar melalui Spanyol yang melibatkan konsultan AS.

Dr. Andy Jones, kepala keamanan IT BT, yang memimpin survei tersebut, menyatakan, “Ini adalah keempat kalinya kami melakukan penelitian dan sangatlah jelas bahwa kebanyakan perusahaan dan individu masih belum menyadari mengenai betapa pentingnya data dan informasi mereka yang tersimpan pada hard disk.”

”Potensi kejahatan utama yang dapat terjadi adalah penipuan finansial, pemerasan dan pencurian identitas.”

”Para pelaku bisnis juga harus lebih hati hati dengan tidak menghapus dan membuang data data ini secara ilegal.”

Dr Iain Sutherland dari universitas Glamorgan menyatakan, ”Yang harus diperhatikan secara signifikan dari kebanyakan organisasi besar adalah harusnya mereka tidak membuang begitu saja informasi rahasia demi alasan keamanan. Dalam kondisi finansial seperti sekarang mereka punya resiko kehilangan data yang sangat berharga.”

Jurubicara Lockheed Martin, yang membuat sistem THADD menyatakan,”Lockheed Martin sepertinya tidak pernah menyimpan data data yang berhubungan dengan sistem tersebut.”

”Hingga kami mendapatkan dan memeriksa hard disk yang dimaksud’, kami tidak bisa berkomentar lebih lanjut.”

Jurubicara dari NHS Lanarkshire menyatakan, ”Studi ini berdasarkan hard disk yang kami musnahkan pada 2006. Pada saat itu perusahaan kami sudah mempunyai kontrak perjanjian dengan perusahaan pemusnah data dalam komputer.”

”Ini berarti hard disk itu tidak dimusnahkan dengan baik oleh perusahaan tersebut. Dan hal ini sangat menyalahi kontrak yang kami buat.”

Jurubicara tersebut menyatakan bahwa perusahaan mereka saat ini memusnahkan sendiri data data pribadi mereka tanpa menggunakan jasa pihak ketiga. (bk/dm/ptv) Dikutip oleh SuaraMedia.com

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger