Senin, 18 Februari 2008

Kostrad Siap Kerahkan Pasukan ke Perbatasan RI-Malaysia di Kalimantan





AKARTA - Pasukan Komando Strategi Angkatan Darat (Kostrad) siap mengerahakan pasukan untuk mengamankan wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia dari ancaman gerakan Laskar Wataniyah. Namun semua itu tergantung keputusan politik pemerintah.

"Kostrad memiliki salah satu divisi yang siap dikerahkan apabila diperlukan untuk menambah kekuatan di sepanjang perbatasan RI-Malaysia," ujar Pangkostrad Letjen TNI George Toisutta, saat menjawab pertanyaan wartawan seputar peningkatan kekuatan yang terjadi diperbatasan, Kamis (14/2/2008).

Kendati demikian, George mengaku tidak bisa seenaknya mengerahkan pasukan tanpa perintah dari pusat, yang tentunya harus berdasarkan langkah-langkah yang matang.

Sebabnya, Kostrad akan melaksanakan perintah tersebut setelah ada keputusan politik dari kedua belah pihak. "Intinya kita selalu siap, semua tergantung pada keputusan politik pemerintah, kapan Kostrad akan memperkuat wilayah perbatasan Indonesia dengan Malaysia," jelasnya.

Berdasarkan data yang ada, daratan antara Indonesia dengan Malaysia terbentang sepanjang sekira 2.000 kilometer, yaitu perbatasan wilayah daratan antara Kalimantan Barat dengan Sarawak sepanjang 966 kilometer. Sedangkan antara Kalimantan Timur dengan Sabah sepanjang 1.035 kilometer.

"Memang secara optimal perbatasan belum dijaga baik oleh TNI maupun Polri, mengingat keterbatasan yang belum memadai. Tetapi memang sampai dengan sekarang belum ada gejolak apa-apa yang mencolok mengenai adanya penguatan pasukan oleh Laskar Wataniyah. Jadi kita masih tunggu perintah," ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger