Rabu, 20 Februari 2008

Menhan AS Robert Gates Akan Ke Indonesia

Washington (ANTARA News) - Menteri Pertahanan AS, Robert Gates, Rabu, bertolak untuk kunjungan keliling dunia yang akan membawanya ke Australia guna pembicaraan keamanan bilateral, Pentagon mengatakan.

Ia akan singgah di Indonesia, India dan Turki dalam perjalanan sembilan hari itu, kata sekretaris pers Pentagon Geoff Morrell, Selasa.

Perjalanan Gates itu telah dibayangi oleh rencana Pentagon menembak jatuh sebuah satelit mata-mata yang sudah tak berfungsi secepatnya, Rabu, tapi Morrell mengatakan menteri itu akan memberikan persetujuannya pada upaya itu, di manapun ia berada.

Ia akan melakukan perjalanan pertama-tama ke Hawaii, markasbesar Komando Pasifik AS dan sebuah pangkalan bagi kapal perang AS yang akan mengambil bagian dalam upaya untuk menembak jatuh satelit itu. Rincian mengenai rencana perjalanan tersebut belum dibuat.

Pembicaraan di Australia merupakan acara tahunan yang mengumpulkan bersama para pejabat luar negeri dan pertahanan AS dan Australia. Deplu AS akan diwakili oleh Wakil Menlu John Negroponte.

Perspektif regional mengenai Cina mungkin akan menonjol dalam pembicaraan Gates di semua negara kecuali barangkali Turki.

Penjualan senjata juga akan berada dalam agendanya di India, yang sedang berupaya membeli jet tempur baru.

"Menteri itu senantiasa seorang penasehat bagi perusahaan pertahanan AS," kata Morrell, seperti dikutip AFP. "Ia yakin bahwa negara-negara itu akan mempersenjatai diri mereka, akan membentengi diri mereka, dan yang terbaik bahwa mereka melakukannya bersama kita, jika mungkin." (*)

Sumber : ANTARA

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger